1. Welcome, Guest
    Sekolah Blogger adalah sebuah situs yang didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari lebih lanjut seputar cara mendapatkan penghasilan di internet, terutama Blog.
Tags: Add Tags
  1. Anak_Baru1

    Anak_Baru1 Member

    Joined:
    Feb 14, 2016
    Messages:
    300
    Like Diterima:
    5
    Secara default, Wordpress memang tidak menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat statistik pengunjung yang mengunjungi situs, karenanya pengguna yang baru menggunakan Wordpress sebagai platform mereka mengalami kebingungan untuk melihat besar-kecilnya traffic situs yang mereka kelola.

    tidak bisa memasang google analytics bagaimana cara memasang masalah saat memasang google analytics cara memasang kode pelacakan Google Analytics di blog wordpress cara memasang menghubungkan mengintregrasikan Google Analytics dengan Wordpress cara mudah pasang google analytics di blog cara mengetahui statistik pengunjung blog wordpress

    Walaupun begitu, masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, mulai dari memasang plugin statistik pengunjung blog hingga memanfaatkan layanan dari pihak ke-3 atau third-party.

    Salah satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memasang kode tracking Google Analytics di blog.

    cara google analytics di blog wordpress 10_analytics cara memasang membuat 2.JPG

    Dengan memasang kode tracking atau kode pelacakan di blog, kita akan dapat mengetahui seberapa besar traffic blog yang kita miliki dengan memanfaatkan layanan Google Analytics, sebuah layanan milik Google yang berfungsi untuk menganalisis sumber lalu lintas dari suatu situs dengan mendetail.

    Adapun beberapa fitur yang akan Anda dapatkan dengan memanfaatkan Google Analytics adalah sebagai berikut:
    • Mengetahui pengunjung secara real-time (pengunjung saat ini)
    • Mengetahui lamanya durasi sesi pengunjung
    • Mengetahui bounce rate
    • Mengetahui persentase pengunjung baru dan lama
    • Mengetahui jumlah pageview
    • Mengetahui jumlah visitor unik
    • Mengetahui kata kunci yang digunakan pengunjung hingga sampai di blog
    • Mengetahui posisi SERP situs
    • Dapat diinteregrasikan dengan akun Google Adsense
    • Dan masih banyak lainnya
    Sampai titik ini, Google Analytics tetap menjadi pilihan pertama seorang webmaster untuk menganalisis pengunjung suatu situs. Selain karena gratis, fitur yang disediakan juga terbilang cukup lengkap.

    Bagi Anda yang sebelumnya pernah menggunakan Blogger.com sebagai platform blog, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya pemasangan Google Analytics di Wordpress hampir sama dengan Blogger, dimana Anda hanya perlu memasang kode pelacakan tepat setelah tag <body> di template blog.

    Untuk selengkapnya, silahkan ikuti tutorial berikut ini untuk memasang kode pelacakan Google Analytics di situs Wordpress Anda:


    Berhubung ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk memasang Google Analytics di blog Wordpress, silahkan ikuti tutorial yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan

    Metode 1: Memasukan kode tracking langsung ke template


    Dengan menggunakan metode ini, Anda akan langsung memasukan kode tracking kedalam template blog Anda. Untuk tutorialnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:


    1. Setelah Anda mendapatkan kode tracking Google Analytics, silahkan masuk ke Dashboard Wordpress Anda terlebih dahulu
    2. Pilih menu Appearance--> Editor
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah.png
    3. Jika sudah, pilih dan buka file bernama header.php
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 2.png
    4. Tempatkan kode tracking Google Analytics tepat dibawah kode <body>
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 3.JPG
    5. Pilih tombol Update File untuk menyimpan konfigurasi yang telah Anda lakukan


    cara memasang whois histats statistik pengunjung cara memasang install plugin google analytics wordpress panduan google analytics cara mendaftarkan blog ke google analytics cara menambahkan google analytics menghubungkan google adsense dengan analytics smartphone aplikasi android app cara cepat dan mudah video tutorial

    Metode 2: Memasukan kode tracking dengan bantuan plugin


    Berbeda dengan metode pertama, kita disini akan menggunakan bantuan plugin untuk memasukan kode tracking kedalam template, sehingga Anda tidak perlu mengotak-atik template utama blog Anda secara langsung.

    Dengan menggunakan metode ini pula, Anda dapat mengantisipasi kondisi dimana Anda lupa 'dimana posisi Anda menempatkan kode tracking pada template', mengingat ada ratusan, bahkan ribuan baris kode pada suatu template.

    Walaupun sekarang Anda ingat dimana Anda memasang kode tracking, seiring dengan berjalannya waktu, Anda mungkin akan lupa dimana Anda menempatkan kode tersebut.

    Karena kita penggunakan plugin, ada suatu tempat khusus untuk menempatkan kode tracking. Jadi, jika kita ingin menghapus atau menggantin kode tracking, kita dapat menghapusnya atau menggantinya dengan mudah dengan mengakses 'tempat khusus' ini.

    Untuk selengkapnya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini:


    1. Pertama, silahkan masuk ke dashboard blog Anda terlebih dahulu
    2. Jika sudah, Pilih menu Plugins--> Add New
    3. Di kotak pencarian, ketikan kata kunci "Google Analytics"
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 4.JPG
      Kemudian Install plugin tersebut dengan menekan tombol Install Now, tunggu beberapa saat hingga plugin berhasil terinstall, setelah itu klik Active untuk mengaktifkan plugin ini
    4. Untuk menggunakan plugin ini, silahkan masuk ke menu setting dari plugin ini.
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 5.JPG
      Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Setting di halaman daftar plugin yang telah terpasang di situs Anda
    5. Setelah itu, Anda akan diarahkan halaman konfigurasi plugin Google Analytics.
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 6.JPG
      Anda diberikan dua metode untuk mengaktifkan Google Analytics di blog Anda, yakni dengan Authenticate with Google dan Manually Enter Tracking ID

      Jika Anda ingin menggunakan Authenticate with Google, Anda harus berada dalam keadaan login kedalam akun Gmail yang Anda miliki (yang telah terdaftar dengan Google Analytics), kemudian plugin akan meminta ijin untuk mengakses untuk melihat statistik blog Anda di Google Analytics. Berikan akses, dan Google Analytics akan terpasang di situs Anda.

      Sedangkan jika Anda ingin menggunakan metode Manually Enter Tracking ID, Anda akan diminta memasukan ID dari kode pelacakan yang Anda miliki.

      Contoh, jika kode pelacakan Anda adalah:
      Maka ID dari kode pelacakan Anda adalah UA-40399961-1
    6. Disini, saya akan menggunakan metode manual, yakni Manually Enter Tracking ID. Caranya, centang bagian Manually Enter Tracking ID dan masukan ID dari kode tracking Anda di kolom yang telah disediakan.
      cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 7.JPG
    7. Terakhir, klik Save changes

    Adapun kelemahan dari menggunakan Manually Enter Tracking ID adalah Anda tidak dapat melihat statistik blog Anda langsung dari dashboard Wordpress, sedangkan jika Anda menggunakan Authenticate with Google, statistik akan muncul di dashboard.

    cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 10_analytics cara memasang membuat.jpg
    Statistik dari Google Analytics ditampilkan di dashboard Wordpress

    Namun jika Anda ingin mencoba metode Authenticate with Google, silahkan saja.

    Caranya gampang kok!

    Setelah Anda mengklik tombol Authenticate with Google, Anda hanya perlu memberikan plugin ijin untuk mengakses Google Analytics dan mengcopy-paste Access Kode yang diberikan ke kolom yang telah disediakan. .

    cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 8.JPG
    Klik Allow untuk memberikan akses kepada plugin untuk mengakses data Google Analytics

    cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 9.JPG
    Copy-paste kode access yang diberikan Google ke kolom yang telah disediakan

    Pengecekan


    Untuk mengecek apakah kode tracking atau pelacakan sudah terpasang dengan baik, Anda dapat mengeceknya dengan melihat data real-time dari pengunjung yang mengunjungi situs Anda.

    Anda dapat mengeceknya secara langsung di situs resmi Google Analytics atau melihat data yang diperlihatkan di dashboard blog.

    Pertama, silahkan Anda kunjungi blog Anda, artikel ataupun halaman, apapun itu, asalkan Anda sudah mengunjungi blog. Jika misalkan data real-time bekerja dengan baik (data pengunjung saat ini muncul), maka dapat dipastikan bahwa Anda telah memasang kode pelacakan dengan benar.

    cara memasang google analytics di blog wordpress dengan mudah 12_analytics 2.jpg
    Seharusnya, jika Anda berhasil memasang kode Analytics di blog, maka data pada menu real-time akan berubah sesuai dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi blog Anda

    Ini hanyalah tahapan yang dilakukan untuk memastikan kalau Google Analytics sudah terpasang dengan baik dan tidak ada masalah atau kendala yang terjadi.

    Penutup
    Kurang lebih, itulah sejumlah hal yang dapat saya sampaikan terkait bagaimana cara memasang Google Analytics di blog Wordpress

    Jika Anda merasa bingung atau ragu dengan apa yang saya jelaskan diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan feedback di kolom komentar, dan jika memungkinkan, saya akan menjawab feedback yang Anda kirimkan secepat yang saya bisa.
     
    Last edited: Jan 5, 2017
    Loading...
Verifikasi:
Verifikasi reCAPTCHA sedang dimuat. Tolong refresh halaman ini jika CAPTHA tidak dimuat
Draft saved Draft deleted

Suka situs ini?

Jika Anda berkenan, tolong support kami dengan cara melakukan whitelist situs kami dari aplikasi AdBlocker Anda.

Berikut adalah panduan untuk melakukan whitelist terhadap situs kami di aplikasi AdBlocker Anda.

Sekian, dan terimakasih!

×
×
beli pulsa online dengan harga murah